Monday, March 25, 2013

Trik Berinvestasi Emas

Triple Zet – Harga emas hari ini 22/03/2013 adalah Rp. 510,000 / gram dikutip dari situs logam mulia antam ( PT. Aneka Tambang Tbk). Emas merupaka logam mulia yang paling menjadi favorit dalam berinvestasi, mengingat harga emas terus menglami kenaikan dari waktu ke waktu. Namun sebagian orang yang menjalani bisnis investasi emas sering kali salah kaprah dengan segera melepas emas yang mereka miliki ketika harga emas melonjak, efek dari pelapasan emas secara massal di pasar ini membuat harga emas langsung turun drastis sesuai dengan hukum ekonomi “semakin banyak barang tersedia di pasar, harga barang tersebut akan semakin murah”.


Berikut adalah 5 tips berinvestasi emas :

  1. Update harga emas harian
Kurs emas dapat dilihat pada website PT. Antam,Tbk hhtp://antamgold.com setiap jam 09:30 setiap hari atau bisa menghubungi customer service di PT. Aneka Tambang,Tbk.
Kalian juga harus sering melihat kurs emas dunia karena harga emas lokal juga mengacu pada harga emas di dunia.
  1. Update kurs rupiah terhadap dollar
Secara umum melemahnya kurs dollar AS dapat mendongkrak harga EMAS dunia, selain itu suku bunga bank juga mempengaruhi harga emas. Ketika suku bunga naik, kecendrungan menyimpan uang di bank (deposito) lebih besar daripada menyimpan uang melalui investasi emas. Hal ini akan melemahkan harga emas di pasaran.
  1. Emas bersertifikat
Ketika membeli emas hal yang perlu diperhatikan adalah sertivikat emas / keaslian emas, untuk wilayah Indonesia setivikasi emas dikeluarkan oleh PT Antam,Tbk yang berstandar internasional dan diakui oleh London Bulling Market Association (LBMA).
  1. Pastikan kadar kemurnian emas sudah sesuai dengan standar Internasional
Emas 24 karat atau emas 99,99% mengandung 99,99% emas dan 0,01% kandungan lainnya.
Emas 22 karat mengandung 91,7% emas, emas 20 karat berkomposisi 83,3% emas, emas 18 karat berkomposisi 75,0% emas, emas 16, 14, 9 karat masing-masing berkomposisi 66,6% , 58,5%, dan 37,5% emas.
  1. Bukti pembelian
Apabila kalian sewaktu-waktu akan menjual simpanan emas kalian akan lebih mudah apabila kalian menjualnya ditempat kalian bel dan menyertakan bukti pembelian.

Itulah 5 Tips Berinvestasi emas. Apabila kalian memang sudah memiliki niatan untuk berinvestasi emas perhatikan selalu Harga emas dunia dan Harga emas di PT Antam,Tbk dan memang apabila kalian ingin berinvestasi emas sebaiknya kalian berinvestasi emas batangan daripada berinvestasi emas dalam bentuk perhiasan. Menjual emas ketika harga tinggi memang bagus, tetapi apabila uang hasil penjualan tersebut kita gunakan untuk selain berinvestasi (baik investasi emas maupun jenis investasi lainnya) itu artinya salah kaprah. Ingat selalu prinsip ekonomi dan hukum permintaan, jual ketika harga tinggi dan beli lebih banyak ketika harga murah. Simpan sampai menemukan harga yang sesuai, lalu lepas. Dan beli lebih banyak lagi.

Terimakasih telah mengikuti blog ini dan selamat berinvestasi emas.

Artikel Terkait

No comments:

Post a Comment

Silahkan tanggapi artikel ini dengan bahasa yang baik dan benar

Note: Only a member of this blog may post a comment.