Wednesday, March 27, 2013

Memulai Usaha Bisnis Warnet - Berikut Tipsnya

Triple Zet - Usaha warung internet atau yang biasa disingkat warnet belakangan ini menjadi primadona di kalangan pebisnis muda. Mengapa mereka mengambil langkah untuk membuka bisnis warnet daripada bisnis lainnya. Berikut adalah petikan yang saya ambil dari salah seorang pemilik warnet di daerah cilegon-banten, "usaha warnet itu gak banyak saingan, hanya butuh koneksi yang bagus, tempat yang nyaman, fasilitas yang lengkap dijamin customer bakalan lebih betah online dari warnet daripada dari rumah mereka. Kalau masalah untung sih jangan ditanya deh.? rahasia dapur. hehehe".


Apa itu warnet..???

Warnet adalah sebuah solusi bagi kalian yang tidak / belum memiliki perangkat online (gadget, laptop, komputer) yang dapat digunaan untuk online (merambah dunia maya) tetapi ingin tetap terhubung dengan teman-teman kalian di dunia maya. Pada awal kiprahnya di Indonesia bisnis warnet memang sudah menjadi primadona, karena masih banyak orang Indonesia yang belum memiliki komputer untuk online tetapi tidak mau ketinggalan zaman.

Mengapa harus ke warnet..???

Mungkin sebagian orang berpendapat bahwa pengunjung warnet hanyalah mereka yang tidak punya komputer / laptop di rumahnya, tetapi hasil survey saya di beberapa warnet menunjukkan bahwa hampir 65% pengunjung warnet sebenarnya memiliki perangkat online yang memadai di rumahnya.
Lalu mengapa mereka ke warnet?
Karena warnet memiliki lebih banyak fasilitas sehingga disebut sebagai warnet premium, setidanya berikut adalah beberapa kriteria warnet banyak di datangi pengunjung.
  1. Koneksi lancar
    Sebagian besar pengunjung warnet adalah remaja yang suka bermain game online.
  2. Tempat bersih dan nyaman
    Sebagian pengunjung ada yang menyukai warnet ber-AC tetapi dapat di gunakan untuk merokok, dan sebagian lagi tidak. Sebaiknya pisahkan ke-dua kelompok ini dengan membuat sebuah tempat untuk perokok dan sebuah lagi untuk yang tidak merokok/
  3. Fasilitas lengkap
    fasilitas seperti WC, penjual makanan, dan minuman ringan, dan voucher game online sebaiknya tersedia di warnet kalian.
  4. Harga bersahabat
    Selalu ingat ini, bahwa customer utama warnet adalah kaum remaja. Jadi pasag harga yang bersahabat untuk mereka meski warnet kalian termasuk dalam kategori premium tetap harus murah.

Bukankah sekarang gadget / smartphone murah sudah bertebaran di Indonesia, apakah warnet akan tetap eksis seperti dulu..???

"Kerjakan apa yang kalian yakini, dan tinggalkan apa yang kalian ragukan" apabila kalian yakin bisnis ini memiliki prospek kedepan yang bagus,maka kerjakanlah. Apabila kalian ragu, sebaiknya jangan melakukan bisnis ini. Untuk menambah keyakinan kalian, bisa membaca beberapa keungulan warnet daripada bisnis lain di dalam artikel ini.

Menjawab pertanyaan diatas, saya akan mengungkapkan fakta berikut ini : "90% pengguna warnet adalah gamer, dan sebagian lainnya menggunakan jasa warnet untuk mengerjakan tugas". dari 90% tadi sebagian besarnya adalah remaja (SMA, SMP, bahkan SD). Zaman sudah berubah kalau dulu orang kewarnet hanya sekedar membuka e-mail sekarang mereka ke warnet untuk facebookan. Setelah banyaknya smartphone murah yang bisa digunakan untuk mengakses facebook, fungsi warnet berganti untuk bermain game online , meski game online sudah ada dari lama tetapi untuk sekarang ini game online sudah berkembang manjadi beraneka macam. (catatan redaksi : jadi inget ane dulu suka main Counter Strike Online sekarang ada PointBlank, dll).

Berikut ini adalah beberapa keliebihan dan kekurangan warnet dibandingkan dengan bisnis online lainnya :
  • Kelebihan :
  1. Lebih mudah berkembang karena selain membuka warnet kita bisa memubuka bisnis pendukung lainnya seperti : usaha makanan & minuman, jualan voucher game, dll.
  2. Modal sama keuntungan bisa lebih besar. Modal bulanan usaha warnet bisa dibuat menggunakan variable tetap tetapi keuntungannya adalah variable bebas yang bisa terus berkembang.
  3. Bersaing bukan dari harga sewa tetapi dari fasilitas yang disediakan.
    Harga sewa warnet tidak akan berbeda untuk warnet yang berdekatan (umumnya 2000 - 3000 per jam) tetapi yang diutamakan adalah fasilitas yang diberikan.
  • Kekurangan :
  1. Pengunjung sulit terkontrol
    Jangan heran karena ada banyak anak-anak membuka situs dewasa di warnet, tugas kalian adalah memproteksi hal ini jangan sampai terjadi.
  2. Customer terbatas
    Sebagian pengunjung tetap warnet hanyalah orang-orang sekitar saja.

Berapa modal pertama untuk membuka usaha warnet..??

Bicara modal awal, data dibawah ini hanyalah perkiraan saja. Bukan harga yang sebenarnya. Untuk membuka warnet ada beberapa modal yang harus di keluarkan seperti komputer (baik untuk server dan client), instalasi listrik & koneksi, sewa gedung, bayar koneksi, dll.
  1. Gedung
    Kalian bisa menggunakan gedung milik pribadi atau dengan menyewa ruko. biaya sewa berkisar antara 10 juta - 50 juta per tahun tergantung ukuran, dan biaya renovasi berkisar antara 1 juta.
  2. Intalasi listrik dan koneksi
    Untuk instalasi listrik (berikut alat-alatnya) dan koneksi internetnya (berikut router, dll) berkisar antara 5jutaan. Gunakan modem / router yang berkualitas baik.
  3. Biaya sewa internet
    Sebaiknya gunakan layanan pasca bayar atau berlangganan. Ane pernah survey sebuah warnet menggunakan Speedy Berlangganan harganya Rp. 2.500.000,- untuk menjalankan 35 komputer dengan kecepatan browshingnya sangat cepat.
  4. Komputer
    Komputer server dan client sebaiknya dibedakan, gunakan komputer dengan spesifikasi tinggi untuk komputer server, silahkan searching jenis komputer yang cocok (menurut hasil searching saya adalah 5 juta).
    Untuk komputer client gunakan spek dibawah server tetapi juga yang berkualitas baik. Spesifikasinya yang penting bisa digunakan untuk bermain game HD dengan sangat lancar (harga berkisar 2 -4 juta, usul redaksi gunakan komputer rakitan saja). Minimal kalian mempunyai 20 komputer client di warnet kalian.
  5. Gaji karyawan
    Apabila kalian hendak membuka warnet yang buka 24 jam sebaiknya siapkan gaji untuk minimal 2 karyawan Anda. Gaji sesuaikan saja.
  6. Biaya tak terduga / dll
    Selalu siapkan biaya tak terduga ini setidaknya 1 juta rupiah.
Dari perhitungan diatas setidaknya kalian memiliki dana / modal awal sebesar Rp. 100 juta. (Ingat...!!! biaya ini hanyalah perkiraan pasar saat berita ini saya buat).

Keuntungan yang dapat kita dapatkan dengan modal tersebut..??

Dengan modal tersebut kita memiliki setidaknya 20 komputer client yang disewakan, dengan beramsumsi warnet memiliki sistem 24 Jam Non Stop. Dan setiap kompuetr disewa 15 jam perhari dengan harga sewa 2000 rupiah, maka perhitungan labanya kotornya adalah :

20 x 15 x 2.000 = Rp. 600.000 / hari atau Rp. 18.000.000 / bulan dipotong dengan sewa internet = 2.500.000; Listrik = 1.500.000; dan gaji karyawan = 2.000.000; biaya dll = 1.000.000; maka untung bersih kalian adalah Rp. 11.000.000,-  per bulan. Dalam setahun saja warnet kalian sudah akan memiliki profit yang baik.

Bagaimana agar pendapat bisa sebesar yang diamsumsikan..???

Sebagai warnet baru kalian harus giat berpromosi, berekperimen, dan selalu perbaiki fasilitas yang ada.
Cara berpromosi yang tidak biasa akan saya update berikutnya, tetapi akan saya tunjukan salah satu cara berpromosi yang tidak biasa tetapi ampuh untuk mendatangkan pengunjung.
  • Gunakan sistem point
    Contoh : sewa 10 jam GRATIS 1 jam
  • Gunakan sistem referral / referensi
    Dimana ada pengunjung kalian yang datang dengan membawa temannya, maka dari 1 orang custmer baru tersebut orang itu mendapat jatah FREE 1 jam
Selalu update dalam perkembangan lawan bisnis kalian, caranya dengan mencari kecepatan warnet sebelah atau fasilitas dan promosi apa yang mereka berikan. Setelah ada pengunjung tetap yang royal dengan warnet kalian tugas kalian selanjutnya dalah memberkan fasilitas lengkap kepada para customer tersebut, seperti fasilitas-fasilitas yang sudah saya bahas diatas.

terimakasih telah membaca berta ini, silahkan disebarkan apabila bermanfaat dengan catatan gunakan kode sumber dari blog ini.

Artikel Terkait

No comments:

Post a Comment

Silahkan tanggapi artikel ini dengan bahasa yang baik dan benar

Note: Only a member of this blog may post a comment.