Monday, March 18, 2013

4 Tips Untuk Pebisnis Pemula ala Jokowi

kompas.com – Di lansir dari kompas.com jokowi (panggilan akrab mantan wali kota solo dan gubernur jakarta sekarang, joko widodo) memberikan 4 tips sederhana untuk memulai sebuah bisnis / usaha :





  1. Inovasi dan Kreativitas
    Setiap pebisnis harus memiliki daya ianovasi yang tinggi untuk produk yang ditawarkan. Pebisnis juga harus lebih kreatif dalam memasarkan produknya. Dengan memiliki daya inovasi dan kreativitas yang tinggi, maka pebisnis tidak akan pernah kehabisan cara untuk terus mengembangkan produk dan menjualnya kepada masyarakat luas.


  1. Pelayanan Prima
    Pelayanan prima bukan hanya pelayanan pra jual saja tetapi termasuk di dalamnya adalah layanan purna jual meliputi pelayanan ketika menghadapi komplain dari customer.

  2. Konsistensi
    Sebagai pebisnis kita harus lebih konsisten terhadap misi bisnis kita sendiri. Sikap yang fokus terhadap bisnis yang kita jalani haruslah menjadi hal yang tetap kita jaga meski usaha yang kita jalani sedang mengalami pasang surut. Ketika dunia bisnis kita tengan dilanda kemerosotan penjualan kita jangan segera mengambil peluang lain yang terlihat lebih potensial, tetapi sebaliknya kita harus mempertahankan bisnis tersebut dan mempelajari kesalahan yang telah kita lakukan.

  3. Profesionalisme
    Sikap yang profesional wajib dimiliki setiap pebisnis baik yang masih pemula maupun yang sudah lama berkecimpung dalam dunia bisnis. Karena dengan sikap yang profesional maka kita lebih dipercaya oleh customer sebagai entreprenuer yang sejati.


Selain dari 4 tips yang bisa dijadikan pilar utama ketika kalian akan mulai terjun ke dunia bisnis. Sedikit menambahkan ada 1 hal lagi yang harus kalian miliki yaitu kemampuan melihat peluang.



Kemampuan melihat sebuah peluang bisnis lebih penting dari semua kemampuan akademik yang telah kalian pelajari. Karena kemapuan ini hanya akan kalian dapatkan dengan sebuah latihan yang rutin. Jangan bersedih apabila kalian tidak dapat melihat peluang dengan jelas untuk pertama kalinya, karena kemampuan itu akan terasah seiring dengan waktu. Setelah kalian melihat sebuah peluang, tugas kalian selanjutnya adalah mengimplementasikan ke 4 tips yang telah di ajarkan jokowi diatas.

Artikel Terkait

No comments:

Post a Comment

Silahkan tanggapi artikel ini dengan bahasa yang baik dan benar

Note: Only a member of this blog may post a comment.